Magister Pendidikan Islam

Sejarah Pascasarjana UNIAT

Persaingan dalam era globalisasi nasional di bidang pendidikan membutuhkan kualitas sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan manajerial yang handal dan dapat berkompetisi dengan SDM dari negara lain. Atas dasar kenyataan yang tidak bisa dihindari ini, baik pegawai pemerintahan maupun karyawan swasta serta masyarakat umum di seluruh Indonesia terpacu untuk berusaha melanjutkan pendidikannya ke jenjang Pascasarjana. Keterbatasan waktu untuk kuliah di luar jam kerja serta biaya yang tersedia relatif kecil maka instansi-instansi pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia sangat mengharapkan Universitas Islam Attahiriyah untuk membuka Program Pascasarjana.
Upaya untuk merespon permintaan tersebut, maka pada awal tahun 2003 rencana pembukaan Program Pascasarjana, telah dibahas dalam rapat Senat Universitas Islam Attahiriyah dan disetujui dengan diterbitkannya Surat Keputusan Senat Universitas Islam Attahiriyah tanggal 28 Mei 2003 Nomor: 231/UNIAT/2003. Penggalangan dukungan dari berbagai pihak terus dilakukan pasca terbitnya SK. Persetujuan dari Senat Universitas Islam Attahiriyah. 
Pada pertengahan tahun 2003, Rektor Universitas Islam Attahiriyah membentuk Tim Kerja yang terdiri dari 3 orang Guru Besar dan Ahli Peneliti Utama yaitu: (1) Prof. Dr. H.M.Yusrie Abady, MA,APU (2) Prof. Dr. Hj. Musda Mulia, MA,APU (3) Prof. Dr.H. Abdul Aziz Al-Bone, MSi, APU yang bertugas untuk menyusun proposal pembukaan Pascasarjana. Selanjutnya awal tahun 2004, proposal hasil kerja keras dari tim kerja ini dikirim ke Dirjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI untuk mendapatkan izin. Dengan upaya yang sungguh-sungguh dilakukan oleh Tim Penyusun Proposal Pascasarjana pada Universitas Islam Atahiriyah Jakarta, sehingga pada bulan Agustus 2004 Universitas Islam Attahiriyah telah mendapatkan surat izin operasional penyelenggaraan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dari Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI dengan Nomor: Dj.II/276/2004. tertanggal 20 Agustus 2004.
Pada tahun 2008 dilakukan perpanjangan izin operasional oleh Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI dengan nomor: Dj.I/27/2008 tanggal 24 Januari 2008 sekaligus merubah Program Studi dari Manajemen Pendidikan Islam menjadi Program Studi Pendidikan Islam dengan tujuan agar jangkauannya lebih luas, sehingga bisa membuka beberapa konsentrasi, seperti Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam. Pada tahun 2013 Program Pascasarjana UNIAT telah mengusulkan akreditasi BAN-PT dengan nilai dan Peringkat Akreditasi B, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 046/SK/BAN-PT/Ak-X/M/II/ 2013, Tanggal 7 Februari 2013. 
2. Jati Diri Program Studi Pendidikan Islam

  1. Nama Perguruan Tinggi : Universitas Islam Attahiriyah Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS)
  2. Nama Program Studi : Magister Pendidikan Islam (S2)
  3. Gelar : M.Pd.I
  4. Alamat Program Studi : Jalan Kampung Melayu Kecil III 15, Tebet Jakarta Selatan.
  5. Tahun Pembukaan : 2004/2005
  6. Nomor dan Tanggal SK : Pertama Nomor: Dj.II/276/2004.
  7. SK.Dirjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI. Tanggal 20 Agustus 2004.
  8. Kedua (Perpanjangan) Nomor : Dj.I/27/2008 SK.Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Tanggal 24 Januari 2008.
  9. Ketiga (perpanjangan) Nomor : SK. Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Nomor 560 tahun 2012
  10. Nama Pejabat yang membuat Surat Keputusan : Pertama : A. Qodri A. Azizy. Kedua (Perpanjangan) : Muhammad Ali.