Pendidikan Agama Islam

Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah program yang cukup tua di lingkungan Fakultas Agama Islam UNIAT Jakarta. Dalam hal komposisi dosen, Program Studi PAI memiliki kekuatan yang cukup karena didukung oleh sejumlah dosen senior yang memiliki pangkat akademik Lektor ke atas serta didukung oleh beberapa dosen yang bergelar Profesor, Doktor dan para kandidat Doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Telah banyak tokoh berskala nasional telah lahir dari Program Studi ini, termasuk telah diakuinya oleh Pemerintah Pusat terbukti dengan diangkatnya lulusannya menjadi Dosen di Perguruan Negeri seperti UIN Jakarta. Terdapat Dosen Dosen Universitas Islam Negeri yang adalah Alumni Universitas Islam Attahiriyah. 
Universitas Islam Attahiriyah yang izin operasionalnya berdasarkan SK. Direktorat Perguruan Tinggi Nomor DP/I/PTA/382/851Tahun 1969, masih tetap eksis di era globalisasi ini.
Pada tahun 2000, Program Studi Pendidikan Agama Islam mendapat akreditasi BAN PT dengan nilai (A) dengan SK Nomor 021/BAN-PT/AK-IV/VIII/2000. Dalam masa 5 tahun sejak akreditasi pertama hingga 2005, tentu banyak sekali perubahan terjadi mulai dari kurikulum, sarana dan prasarana belajar, hingga komposisi jenjang pendidikan dosen maupun kepangkatannya, dan terbukti pada tahun 2010 terdapat tujuh orang dosen yang mendapat pengakuan sebagai Dosen Profesional dengan mendapatkan Sertifikasi Dosen dan bagi mereka diberikan imbalan yang pantas berupa tunjangan sebagai penghormatan, penghargaan dan kesejahteraan.