Bahasa & Sastra Arab

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab merupakan bagian Program Studi Fakultas Agama Islam UNIAT Jakarta.
Komposisi dosen Program Studi sesuai keahlian dengan jumlah dosen senior berpangkat Profesor dan doktor serta didukung oleh sejumlah tokoh dalam hal Bahasa Arab dan Sastra Arab.
Pada tahun 2007 yang lalu Program Studi Bahasa dan Sastra Arab mendapat akreditasi BAN PT untuk yang kedua kalinya setelah diusulkan kembali perpanjangannya dengan nilai (B) dengan SK Nomor 021/BAN-PT/AK-IV/V/2007.
Dalam masa 5 tahun sejak akreditasi pertama tahun 2005 hingga 2011, ini tentu banyak sekali perubahan yang terjadi mulai dari kurikulum, sarana dan prasarana belajar hingga komposisi dosen jenjang pendidikan maupun kepangkatannya.
Kehadiran Program Studi Bahasa dan Sastra Arab yang berorientasi mengembangkan kemampuan Berbahasa Arab kepada para sarjana yang menjadi ciri Program Studi Bahasa Arab dan Sastra Arab Universitas Islam Attahiriyah sebagai lembaga pendidikan tinggi.

Link Website

Visi Bahasa dan Sastra Arab adalah sebagai program unggulan yang mampu bersaing secara kompetitif dalam tatanan global dibidang Bahasa Arab.
Berdasarkan visi di atas, dapat dianalisis titik kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangannya sebagai berikut:

  1. Kekuatan : Rumusan Visi di atas telah menggambarkan pandangan yang berciri kemandirian, professional dan efektifitas belajar khususnya yang berkaitan dengan Bahasa dan Sastra Arab.
  2. Kelemahan : Idealisme visi dan optimisme memerlukan waktu dan proses yang panjang.
  3. Peluang : Bila Visi di atas belum benar-benar terwujud, maka peluang alumni untuk berkompetisi menjadi besar.
  4. Tantangan : Rumusan yang terlalu optimis mengandung bahaya dan ancaman karena harapan masyarakat tentang perwujudan visi belum ada tanda-tanda, akibatnya kepercayaan bisa menurun.

Misi Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Agama Islam Universitas Islam Attahiriyah (UNIAT) Jakarta adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mempertahankan dan mengembangkan kebebasan intelektual yang berbasis akhlakul karimah.
  2. Mencetak Sarjana Muslim yang berkepribadian, berwawasan luas, profesionalisme dan bertanggung jawab dalam pembangunan akhlak masyarakat.
  3. Mengembangkan keilmuan di bidang Sastra Arab dengan berbasiskan akhlakul karimah dan nilai-nilai kemanusiaan dalam semua aspek kehidupan.

Memperhatikan bahwa sebahagian mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Agama Islam adalah lulusan Madrasah Aliyah dan Pesantren yang telah memiliki dasar agama Islam yang kuat, maka tujuan yang hendak dicapai Program Studi Bahasa dan Sastra Arab adalah :

  1. Membentuk Sarjana muslim yang mampu dan terampil dalam berkomunikasi baik dengan menggunakan bahasa Arab baik tulisan maupun lisan.
  2. Menciptakan Sarjama Muslim yang mampu mengetahui, menterjemahkan, menafsirkan dan mengamalkan Al-qur'an dan al-Hadist sebagai sumber hukum Islam.
  3. Melahirkan Sarjana muslim yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.
  4. Melahirkan Sarjana muslim yang peduli terhadap pembangunan masyarakat dan bangsa.
Sample Description